• Ikasmadupa Say …..

    Maaf jika ada kesalahan dalam penampilan, masih ada perbaikan dan pembenahan teknik untuk waktu yang belum bisa ditentukan. Tapi blog ini masih aman n terima kasih atas dukungannya ya ........
  • Smada Info …..

    Pengumuman ...!

    Kegiatan Pondok Ramadhan di SMADA 2008

    Assalamualaikum wr. wb
    Sebelumnya kami mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan 1429 H dalam menyongsong kegiatan ramadhan yang penuh hikmah, SMA Negeri 2 Genteng akan mengadakan :
    Kegiatan : Pondok Ramadhan
    Hari/Waktu : Kamis-Sabtu, 4-6 September 2008
    Tempat : Kampus Palma

    bagi alumni SMADA yang memiliki waktu luang bisa bergabung untuk ikut berpartisipasi aktif sebagai pemateri bersama-sama alumni lainnya yang telah diberi amanah oleh pihak sekolah untuk
    meng-handle kegiatan Pondok Ramadhan tahun ini.

    info lebih lanjut, hubungi :
    Muhammad Faiz (alumni 2004), 081386766450.

    Wassalamualaikum wr. wb

  • Info Express

     

    Jangan Pernah Selingkuh (JPS)

    Sudah pernah denger kan judul lirik diatas? pastinya sudah duong....? ANgkasa BanD kini hadir di kota Genteng-Banyuwangi. Nonton yuk aksi mereka di Stadion Maron Genteng pada tanggal 13 Juni 2008. Ayo jadikan moment ini berarti dan damai............

     

  • People’s Join

    web tracker
  • Kategori

  • Arsip

  • RSS Aktual – media online

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • RSS Wikimu

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • RSS Iptek – Kompas

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Visitor's Today

    • 34.997 hits
  • Tulisan Teratas

Krisis Listrik Krisis Segalanya

Entah mengapa akhir-akhir ini listrik seringkali padam yang dampaknya kini dirasakan oleh warga, ada yang mengeluh dan ada pula yang santai tak menghiraukannya. Namun hal ini tetaplah tidak begitu bagus bagi sebagian orang karena setiap orang tidak pernah lepas dari kebutuhan akan listrik, sehari-hari mereka beraktivitas menggunakan energi listrik. Apalagi orang yang bekerja di kantoran tentu sangatlah utama energi listrik digunakan untuk kelancaran dan kenyaman kerja mereka.

 

Sungguh ironis kejadian seperti ini sering terjadi tapi mau gimana lagi pemerintah sudah mengumumkan bahwa pasokan listrik negara kita ini sedang mengalami penurunan. Padahal banyak sekali pembangkit-pembangkit listrik yang ada tapi energi yang dihasilkan belum mencukupi karena disebabkan air yang mengalir untuk menggerakan turbin tidak cukup banyak padahal dalam kenyataannya negara kita kan banyak dan kaya akan air sampai-sampai banjir pun sering kali terjadi.

 

Negara kita sekarang ini seolah-olah menjadi negara yang miskin, bayangkan saja dari segala kekayaan yang dimiliki namun begitu banyak yang kurang dan belum mencukupi sampai-sampai untuk mencukupi kebutuhan negara harus mengimpor dari luar. Sungguh tidak bisa dinalar negara kaya tapi miskin. Fenomena seperti ini sangatlah perlu di perhatikan karena kalau tidak nantinya akan berdampak buruk bagi masa depan generasi bangsa.

 

Pasokan listrik yang rendah yang berakibat pemadaman listrik bergiliran kini sudah dirasakan masyarakat kita bahkan hampir di seluruh daerah di Indonesia. Di Banyuwanfi sendiri kita liat beberapa kali pemadaman dilakukan secara bergilir padahal kebutuhan akan listrik kita besar, dengan tanpa adanya energi listrik tentu akan menghambat proses produksi ataupun kegiatan usaha lain yang merupakan mata pencaharian mereka. Terus bagaimana jika pemadaman sering terjadi, apakah kegiatan kita akan berakhir, apakah kegiatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari akan terhenti, dan apakah mungkin kita akan memasuki era jaman batu seperti dahulu kala?

 

Inilah kenyataan yang tidak bisa dipungkiri lagi selain mengalami krisis ekonomi, kesehatan dan pendidikan tetapi juga masalah energi listrik kita juga mengalami krisis. Ironisnya lagi masalah korupsi, kolusi dan nepotisme juga tak kunjung berakhir terus bagaimana kelangsungan kehidupan negara kita tercinta ini. Belum lagi masalah demokrasi yang tak kunjung terwujud, demokrasi yang tidak memihak kepentingan salah satu partai atau golongan tapi memihak untuk kesejahteraan rakyat. Apalagi ditambah masalah lumpur lapindo Sidoarjo yang juga kunjung selesai, bagaimana nasib bangsa kita ini.

 

Kenyataannya negara kita ini tidak pernah belajar dari pengalaman yang sudah-sudah tapi malah sering sekali terjatuh pada lubang yang sama. Pemerintah saja yang pintar dan cakap pusing apalagi masyarakat kita? Hendaknya perlu lagi kita resapi dan hayati serta adanya solusi yang tepat untuk mengatasi masalah bangsa kita ini, tentunya sebagai generasi muda kita harus bisa berbuat yang terbaik buat diri sendiri dan negara, jangan hanya ngomong dan demo saja tapi mari ciptakan suasana yang kondusif agar Indonesia bangkit dan jaya selalu.

 

*- Mr.GPK -*

Satu Tanggapan

  1. yuk benar bung, dan memang seperti itu kenyataannya. pemerintah tengah berupaya mempercepat pembangunan pembangkit2 alternatif berupa proyek 10.000 MW. tetapi proses itu diperkirakan selesai paling cepat akhir tahun 2008. padahal pasokan listrik terus menurun sedangkan penambahan pelanggan terus bertambah. kayaknya krisis ini tetap akan terjadi.

    kita harus gunakan multi solusi tidak hanya dari pemerintah saja tapi kita sebagai rakyat juga harus turut membantu dengan menghemat listrik. bagi pelanggan yang belum menikmati listrik mungkin disarankan bersabar untuk tidak melakukan pasang baru kecuali jika memang sudah urgen.

    dan solusi yang saya setujui dari pakar kelistrikan bahwa pemerintah daerah hendaknya mensosialisasikan kepada masyarakat yang memiliki sumber energi seperti aliran sungai yang melimpah untuk membuat Pembangkit Mini. meski hanya menambah beberapa MW saja, tapi andaikan 30 daerah/kabupaten membangun 1 pembangkit dengan kapasitas 2 MW misalnya maka jika ditotal sudah menambah suplai 60 MW. manfaat lainnya Pembangkit Mini adalah bisa Pendapatan masyakarat yang memilikinya sekaligus PAD.

    paling tidak solusi2 alternatif bisa mengurangi dampak krisis listrik dinegara kita yang sepertinya tidak bisa dielakkan lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: