• Ikasmadupa Say …..

    Maaf jika ada kesalahan dalam penampilan, masih ada perbaikan dan pembenahan teknik untuk waktu yang belum bisa ditentukan. Tapi blog ini masih aman n terima kasih atas dukungannya ya ........
  • Smada Info …..

    Pengumuman ...!

    Kegiatan Pondok Ramadhan di SMADA 2008

    Assalamualaikum wr. wb
    Sebelumnya kami mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan 1429 H dalam menyongsong kegiatan ramadhan yang penuh hikmah, SMA Negeri 2 Genteng akan mengadakan :
    Kegiatan : Pondok Ramadhan
    Hari/Waktu : Kamis-Sabtu, 4-6 September 2008
    Tempat : Kampus Palma

    bagi alumni SMADA yang memiliki waktu luang bisa bergabung untuk ikut berpartisipasi aktif sebagai pemateri bersama-sama alumni lainnya yang telah diberi amanah oleh pihak sekolah untuk
    meng-handle kegiatan Pondok Ramadhan tahun ini.

    info lebih lanjut, hubungi :
    Muhammad Faiz (alumni 2004), 081386766450.

    Wassalamualaikum wr. wb

  • Info Express

     

    Jangan Pernah Selingkuh (JPS)

    Sudah pernah denger kan judul lirik diatas? pastinya sudah duong....? ANgkasa BanD kini hadir di kota Genteng-Banyuwangi. Nonton yuk aksi mereka di Stadion Maron Genteng pada tanggal 13 Juni 2008. Ayo jadikan moment ini berarti dan damai............

     

  • People’s Join

    web tracker
  • Kategori

  • Arsip

  • RSS Aktual – media online

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • RSS Wikimu

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • RSS Iptek – Kompas

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
  • Visitor's Today

    • 35.388 hits
  • Tulisan Teratas

Nyepi sedunia, mungkin nggak?

Tanggal 7 Maret 2008, besok tepatnya hari Jumat adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh umat hindu khusunya di Indonesia. Karena pada hari itu umat Hindu menjalankan Hari Raya keagamaan mereka yaitu Hari Raya Nyepi. Kebetulan pada hari nyepi kali ini merupakan hari raya yang ke 1930 tahun baru saka. Kalau hari raya agama-agama lain seperti umat muslim, kristiani ataupun yang lain pasti dirayakan dengan meriah dan penuh bahagia namun sangat berbeda dengan hari raya nyepi malah sangat sepi dan tenang seperti nama hari rayanya.


Biasanya pada hari raya nyepi segala aktivitas hiduk pikuk dunia dihentikan satu hari penuh untuk menghormatinya. Baik itu aktivitas dikantor, dirumah, dijalan raya maupun ditempat-tempat lain terutama yang mengundang pada keramaian pasti akan dihentikan. Mungkin kalau ditempat lain tidak sebegitu dilaksanakan namun kalau dipulau Bali hal itu benar-benar terjadi. Segala apapun aktivitas keramaian harus dihentikan dan wajib dihentikan untuk menghormati hari raya mereka.

 

Sebagai pengendalinya difungsikan kepala keamanan adat untuk mengontrol, mengawasi dan menertibkan semua orang dari aktivitas keramaian mereka. Sehingga pawa waktu nyepi di Bali seraya sunyi dan sunyi. Tak ada satupun suara-suara bising yang terdengar sehingga keadaan menjadi tenteram dari hiruk pikuk dunia. Kendaraan-kendaraa yang berlalu lalang hilang entah kemana, perkantoran-perkantoran dan toko-toko ataupun tempat-tempat keramaian lain tidak berfungsi seperti biasanya layaknya kembali kemasa purba.

 

Kalau dianalisa lebih mendalam dengan nyepi ada satu kebaikan yang didapat oleh mereka yang menjalankan bahkan bagi dunia dan bumi kita. Coba kita bayangkan kalau hari nyepi pasti dilarang kendaraan berlalu lalang, hiruk pikuk keramaian dihentikan yang terjadi adalah kegelisahan manusia akan akibat polusi yang ditimbulkan oleh kendaraan mulai berkurang bahkan hilang dalam sekajap. Udara seketika itu menjadi bersih dan segar karena tidak terkontaminasi oleh zat-zat yang berbahaya bagi manusia. Meski sehari paling tidak memberikan rasa tenteram bagi orang lain.

 

Di Indonesia hanya Bali yang menerapkan sistem seperti coba kalau di daerah lain di Indonesia atau di negara lain atau bahkan di seluruh dunia mengenal hari Nyepi apa yang akan terjadi? Apakah anda bisa membayangkan hal-hal yang akan terjadi? Mungkin nggak nyepi dijadikan hari Nyepi internasional? Tentunya butuh perjuangan dan pemikiran panjang untuk menjawab itu semua karena begitu banyak kebutuhan manusia yang berbeda-beda apalagi manusia kini begitu sangat bergantung yang namanya teknologi. Jadi kalau nyepi dijadikan hari nyepi internasional apa kata dunia?

*- Mr. GPK -*

2 Tanggapan

  1. bukan hanya mungkin, tapi sudah ada “Gerakan Nyepi Sedunia”. ini situsnya http://www.worldsilentday.org.
    dan Jangan lupa bagi yang mau berkontribusi dalam gerakan ini Ingat tanggal 21 Maret 2008 MATIKAN PERALATAN LISTRIK SELAMA 4 JAM mulai pukul 10.00 hingga pukul 14.00.
    “Berikan ruang dan waktu bagi bumi untuk bernafas”

  2. tau gak sih?
    kemaren aku ikut ‘nyepi’ di bali. seru sich, tapi sempat takut juga. gara-garanya aku sama temen-temen mo dilempar PECALANG! mungkin kitanya aja sich yang nakal cz di depan kamar maenan senter. gak taunya PECALANG dah di depan gerbang. hehehehe Untung ada si ODIE(anjing kost) yang ngasih kode. kita langsung aja sembunyi masuk kamar. trus bobox deh………..
    tapi seru lho……………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: